Mengetahui Jenis-jenis Fumigan Untuk Membasmi Hama serta Cara Aplikasinya



15 Nov. 2020 | dilihat 622x

Di Indonesia, terdapat banyak jenis-jenis fumigan untuk membasmi hama, dimana beberapa jenis diantaranya memiliki peruntukkan yang berbeda. Fumigan sendiri merupakan bahan kimia untuk mengendalikan hama yang diaplikasikan dengan alat dan teknik khusus hingga fumigan tersebut membentuk gas atau asap. Pengaplikasian fumigan disebut dengan fumigasi.

Fumigasi merupakan teknik yang diterapkan untuk mengendalikan hama dalam struktur bangunan seperti rayap. Teknik fumigasi juga biasa digunakan untuk mengendalikan hama-hama yang menyerang komoditas pangan serta hama-hama lain yang menyerang tempat penyimpanan barang tertentu seperti arsip. Oleh sebab itu, teknik pengendalian hama satu ini sering digunakan oleh instansi yang berkaitan dengan pengelolaan atau penyimpanan pangan serta instansi yang berkaitan dengan penyimpanan arsip.

Pengendalian hama dengan teknik fumigasi baiknya dilakukan pada ruangan khusus yang kedap udara agar efektifitas fumigan optimal. Jika ruang penyimpanan atau gudang yang akan difumigasi tidak kedap udara, maka perlu dilakukan penutupan dengan menggunakan lembaran khusus, dimana lembaran tersebut harus bersifat kedap terhadap gas.

Pengendalian hama menggunakan teknik fumigasi terbilang cukup efektif karena gas yang dihasilkan bisa menyerap hingga ke dalam barang yang difumigasi serta bisa mematikan hama dalam waktu singkat. Oleh sebab itu, teknik pengendalian hama yang satu ini cukup banyak dimanfaatkan bidang industri untuk mengendalikan hama.

Untuk melakukan fumigasi diperlukan bahan kimia khusus atau fumigan, alat khusus fumigasi, serta aplikator fumigasi atau fumigator yang sudah terlatih. Adapun beberapa jenis fumigan yang bisa digunakan untuk fumigasi diantaranya adalah Phosphine (Fosfin), Methyl Bromide (CH3Br) dan lain sebagainya. Dari beberapa jenis fumigan tersebut, Phosphine (Fosfin/PH3) merupakan fumigan yang paling banyak digunakan untuk fumigasi komoditi pangan.

Fumilikuid 2 GA merupakan fumigan Fosfin terbaru yang berbahan aktif 2% PH3 (fosfin) dan 98% CO2 (karbondioksida/Carbondioxide). Karena kandungan terbesarnya merupakan CO2, jadi Fumilikuid ini sangatlah aman untuk komoditi pangan.

Share:



ARTIKEL LAINNYA
Mengapa Fumigasi Sangat Penting Dalam Dunia Pangan
Tempat Pelaksanaan Fumigasi beserta Panduan yang Efektif
Advantages of Indonesia Cinnamon Extraction
Jenis-Jenis Kutu Beras, Hama Utama yang Menyerang Gudang Beras
Kenali Pesticide Residue Meter dan Pentingnya Pada Konsumsi Pangan Anda !
Manfaat Tepung Jagung Untuk Kecantikan
5 Tips Mudah Memilih Biji Kopi Berkualitas
Keunggulan Ekstraksi Kapulaga Indonesia

PT. Panca Prima Wijaya

Pro Member
Jakarta Utara DKI Jakarta
Member sejak: Oct. 2019

  0818221505





HOME
PROFIL
PRODUK
GALERI
VIDEO
ARTIKEL

  Website

  Youtube

  @pancaprimawijaya

  @pestcontrol66