Cara Menjaga Gudang Penyimpanan Komoditi Pangan Agar Terhindar Dari Serangan Hama



15 Nov. 2020 | dilihat 156x

Menjaga komoditi pangan merupakan hal penting yang perlu dilakukan agar kondisi pangan tetap segar dan layak untuk dikonsumsi. Oleh sebab itu, cara menjaga gudang penyimpanan komoditi pangan menjadi salah satu hal yang penting untuk diketahui.

Komoditi pangan merupakan salah satu komoditas yang dibutuhkan oleh masyarakat. Ketersediaan komoditas pangan dapat mempengaruhi keberlangsungan hidup manusia, sehingga komoditas pangan menjadi salah satu kebutuhan pokok setiap orang.

Setiap komoditi pangan memiliki karakteristik yang berbeda, mulai dari fisik, kandungan air, serta karakteristik lainnya. Beberapa karakteristik pada komoditas pangan tersebut akan membutuhkan tata cara penyimpanan yang tepat dan sesuai. Teknik penyimpanan yang tepat dan sesuai dapat memperpanjang waktu simpan suatu komoditas serta dapat menjaga kondisi komoditas pangan agar tetap dalam keadaan baik dan layak untuk dikonsumsi.

Kondisi tertentu pada ruang penyimpanan, misalnya kondisi panas dan lembap, bisa mengakibatkan hama/kutu berkembangbiak dan selanjutnya merusak komoditas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diperlukan cara penyimpanan yang tepat sesuai dengan jenis komoditas pangan yang disimpan.

Teknik penyimpanan ditentukan oleh jenis komoditas yang disimpan. Dengan menerapkan teknik penyimpanan yang baik dan sesuai, maka masa simpan suatu komoditas bisa semakin lama. Untuk menciptakan area penyimpanan yang optimal, maka perlu dilakukan pemeliharaan secara berkala.

Share:



ARTIKEL LAINNYA
Mengapa Fumigasi Sangat Penting Dalam Dunia Pangan
Tempat Pelaksanaan Fumigasi beserta Panduan yang Efektif
Advantages of Indonesia Cinnamon Extraction
Jenis-Jenis Kutu Beras, Hama Utama yang Menyerang Gudang Beras
Kenali Pesticide Residue Meter dan Pentingnya Pada Konsumsi Pangan Anda !
Manfaat Tepung Jagung Untuk Kecantikan
5 Tips Mudah Memilih Biji Kopi Berkualitas
Keunggulan Ekstraksi Kapulaga Indonesia

PT. Panca Prima Wijaya

Pro Member
Jakarta Utara DKI Jakarta
Member sejak: Oct. 2019

  0818221505





HOME
PROFIL
PRODUK
GALERI
VIDEO
ARTIKEL

  Website

  Youtube

  @pancaprimawijaya

  @pestcontrol66