Tempat Pelaksanaan Fumigasi beserta Panduan yang Efektif



02 May. 2021 | dilihat 597x

Ruang penyimpanan adalah surga bagi hama yang berkembang dengan baik di lingkungan yang tertutup. Ini merupakan kabar buruk bagi petani karena mereka membutuhkan ruang penyimpanan tertutup untuk komoditi pangan. Tak hanya itu saja, petani juga sering mengandalkan ruang tertutup lain, seperti peti kemas dan palka kapal sebagai mobilitas dalam proses ekspor dan impor. Dengan kata lain, di manapun petani menyimpan komoditas pangannya, ada peluang yang besar bagi hama untuk menyerang komoditas tersebut. Satu-satunya cara untuk memastikan hama mati di ruang penyimpanan adalah dengan melakukan fumigasi dengan Fumilikuid.

Berdasarkan rekomendasi dari Badan Karantina Pertanian dari Kementrian Pertanian, proses pelaksanaan fumigasi harus dilakukan di ruangan kedap gas agar CT (Concentration Time) produk tercapai. Jika proses ini dilakukan di ruangan yang tidak tertutup rapat, hal tersebut bisa mengakibatkan kegagalan fumigasi karena konsenstrasi gas yang tidak efektif membunuh hama.

• Fumigasi pada Peti Kemas
Pastikan jika peti kemas yang akan digunakan sudah kedap gas. Namun jika peti kemas tidak kedap gas, maka Anda membutuhkan alat tambahan untuk menutup seluruh bagian peti kemas agar gas fumigant tidak terbuang percuma (mubazir) ke udara. Kita harus melakukan fumigasi dengan benar pada peti kemas (container) agar efektif membunuh hama selama perjalanan.

• Fumigasi pada Silo, Gudang, atau Ruangan Khusus Lain
Gudang dan silo bisa digunakan sebagai tempat pelaksanaan fumigasi pada komoditi pangan selama memiliki beberapa kriteria seperti, terdapat segel pada pintu ruangan, memiliki ventilasi dengan penutup yang rapat, dan juga memiliki sistem blower agar proses aerasi berjalan dengan efektif. Jika Anda tidak memiliki kamar atau ruangan khusus, setidaknya lakukan fumigasi dengan menutup komoditi menggunakan terpal atau sheet fumigation untuk mencegah terjadinya penyebaran gas di area yang tidak seharusnya. Penggunaan terpal juga harus dibarengi dengan adanya pemberat seperti sand snake atau guling pasir yang memastikan tidak ada gas yang bocor melalui celah kecil di bagian bawah.

Share:



ARTIKEL LAINNYA
Mengapa Fumigasi Sangat Penting Dalam Dunia Pangan
Advantages of Indonesia Cinnamon Extraction
Keunggulan Ekstraksi Tunas Cengkeh Indonesia
Jenis-Jenis Kutu Beras, Hama Utama yang Menyerang Gudang Beras
Tips Memilih Obat Untuk Fumigasi yang Aman
Kenali Pesticide Residue Meter dan Pentingnya Pada Konsumsi Pangan Anda !
2 Types of Fumigation and Sanitation for Exterminate Grain Beetle or Warehouse Pest
Manfaat Tepung Jagung Untuk Kecantikan

PT. Panca Prima Wijaya

Pro Member
Jakarta Utara DKI Jakarta
Member sejak: Oct. 2019

  0818221505





HOME
PROFIL
PRODUK
GALERI
VIDEO
ARTIKEL

  Website

  Youtube

  @pancaprimawijaya

  @pestcontrol66