Pengendalian Hama Gudang yang Efektif dan Efisien



09 May. 2021 | dilihat 727x

Hama menjadi musuh utama petani yang harus terus dibasmi. Setelah berhasil melewati proses tanam hingga panen, masih ada ancaman hama yang kerap menyerang saat proses penyimpanan komoditi di gudang. Ini juga merupakan fase krusial karena jika tidak ditangani dengan baik, hasil panen yang disimpan pada silo ataupun karung akan sia-sia karena bisa rusak, bau, ataupun menempel satu sama lain. Hal seperti ini akan menjadi mimpi buruk bagi para petani sehingga perlu dilakukan proses pengendalian hama yang benar. Cara ini akan memastikan bahwa kualitas hasil panen memiliki standar mutu yang baik dan layak untuk dikonsumsi.

Salah satu cara yang tepat untuk mengendalikan hama pada gudang adalah dengan melakukan pemantauan hama serta sanitasi pada gudang. Dalam hal ini, proses pemantauan hama bisa dilakukan dengan melakukan inspeksi langsung pada hasil panen. Selain itu, sanitasi gudang bisa dilakukan dengan membersihkan gudang secara berkala. Anda bisa menggunakan produk SILOGUD, yang merupakan cairan yang digunakan untuk sanitasi gudang penyimpanan komoditas pertanian. Kandungan aktif Metil Pirimifos pada produk ini akan memastikan berbagai jenis biji-bijian hasil panen bebas dari hama yang bisa mempengaruhi kualitas dan mutu.

Sanitasi gudang penyimpanan komoditas pangan dengan menggunakan SILOGUD harus dilakukan secara merata. Proses sanitasi juga dilakukan secara menyeluruh pada dinding, lantai, kemasan penyimpanan, alat yang digunakan seperti forklift, hingga area lingkungan di sekitar gudang. Metode yang dilakukan untuk sanitasi bisa menggunakan teknik spraying ataupun fogging. Pada proses spraying atau semprot, Anda hanya perlu menggunakan 30 mililiter larutan SILOGUD yang dicampur dengan 1 liter air untuk disemprotkan pada area 1 meter persegi. Sedangkan teknik fogging dilakukan dengan menggunakan cairan EFM (Eco Fogging Media) atau Water-based Fogging Agent dengan dosis yang dianjurkan. Kelebihan menggunakan SILOGUD untuk proses sanitasi gudang sebagai pengendalian hama adalah tidak terdapat efek samping yang berbahaya. Dengan kata lain, proses pengendalian hama pada gudang atau silo bisa dilakukan dengan efektif dan efisien jika menggunakan SILOGUD.

Share:



ARTIKEL LAINNYA
Mengapa Fumigasi Sangat Penting Dalam Dunia Pangan
Tempat Pelaksanaan Fumigasi beserta Panduan yang Efektif
Advantages of Indonesia Cinnamon Extraction
Jenis-Jenis Kutu Beras, Hama Utama yang Menyerang Gudang Beras
Kenali Pesticide Residue Meter dan Pentingnya Pada Konsumsi Pangan Anda !
Manfaat Tepung Jagung Untuk Kecantikan
5 Tips Mudah Memilih Biji Kopi Berkualitas
Keunggulan Ekstraksi Kapulaga Indonesia

PT. Panca Prima Wijaya

Pro Member
Jakarta Utara DKI Jakarta
Member sejak: Oct. 2019

  0818221505





HOME
PROFIL
PRODUK
GALERI
VIDEO
ARTIKEL

  Website

  Youtube

  @pancaprimawijaya

  @pestcontrol66