Tips Memilih Obat Untuk Fumigasi yang Aman



11 May. 2021 | dilihat 598x

Menjaga gudang komoditas pangan seperti jagung, beras, sawit, biji kopi, tembakau, terigu, pakan ternak dan biji-bijian lain bukan sesuatu yang mudah. Ini sangat penting karena jika salah dalam melakukan perawatan gudang, maka akan ada hama yang siap berpesta untuk memangsa hasil panen. Salah satu cara untuk memastikan gudang bebas hama ialah dengan melakukan fumigasi. Cara ini efektif untuk membasmi berbagai jenis hama yang sering mengancam komoditas pangan hasil panen. Namun sayangnya, banyak orang yang tidak memperhatikan bahan yang digunakan sebagai fumigan sehingga menurunkan mutu dan kualitas komoditas pangan.
Apalagi jika melihat produk yang beredar di pasaran, ada banyak jenis dan merk dagang fumigan. Tapi tahukah Anda bahwa banyak produk tiruan yang justru bisa berbahaya, tak hanya menurunkan kualitas biji serealia saja tetapi juga bisa membahayakan manusia. Untuk menghindari hal tersebut, tips ini akan membantu Anda memilih obat untuk fumigasi yang aman dan efektif membasmi hama pada gudang penyimpanan biji-bijian.

• Tidak Mengubah Warna, Bentuk, dan Rasa Komoditi
Salah satu indikasi bahwa Anda telah menggunakan obat fumigan yang tepat adalah tidak ada perubahan warna, bentuk bahkan rasa pada komoditi. Obat fumigan yang asli tidak akan mempengaruhi komoditi, melainkan hanya membasmi hama karena kandungan aktifnya tidak berbahaya bagi biji-bijian.

• Kode Produksi Valid
Anda harus jeli sebelum membeli! Pastikan ada kode produksi dan informasi penting lain sehingga Anda tahu kandungan dan jangka waktu penggunaan yang benar. Pastikan pula kode produksi tersebut terlihat valid, alias bukan asal tempel saja. Produk unggulan seperti Fumiphos memiliki kode produksi yang menempel pada kaleng, bukan sekedar stiker biasa sehingga lebih dipercaya banyak orang.

• Terdapat Rilis Uji Efikasi dari Lembaga Pemerintah
Ini sangat penting karena tidak semua produk fumigan mendapatkan label resmi dari pemerintah, yang membutuhkan proses pengujian efikasi dari lembaga yang kredibel. Fumiphos telah melalui pengujian dari Biotrop Bogor yang menetapkan produk ini efektif membasmi kutu pada komoditas pangan. Fumiphos juga terdaftar secara resmi di Kompes.

Share:



ARTIKEL LAINNYA
Mengapa Fumigasi Sangat Penting Dalam Dunia Pangan
Tempat Pelaksanaan Fumigasi beserta Panduan yang Efektif
Advantages of Indonesia Cinnamon Extraction
Keunggulan Ekstraksi Tunas Cengkeh Indonesia
Keunggulan Ekstraksi Kapulaga Indonesia
5 Hama pada Tanaman Kopi di Indonesia
Kenali Pesticide Residue Meter dan Pentingnya Pada Konsumsi Pangan Anda !
Cara Menghilangkan Hama Kutu Jagung di Gudang Jagung

PT. Panca Prima Wijaya

Pro Member
Jakarta Utara DKI Jakarta
Member sejak: Oct. 2019

  0818221505





HOME
PROFIL
PRODUK
GALERI
VIDEO
ARTIKEL

  Website

  Youtube

  @pancaprimawijaya

  @pestcontrol66