Keunggulan Ekstraksi Kapulaga Indonesia



24 May. 2021 | dilihat 198x

Kapulaga mengandung minyak esensial, yang sering kali menjadi bahan utama dalam produk aromatik. Padahal dalam perspektif pengobatan tradisional setempat, kapulaga juga sering digunakan sebagai tanaman obat karena dapat mengobati batuk, gatal tenggorokan, dan gangguan pencernaan. Di belahan dunia lain, kapulaga juga digunakan oleh masyarakat Eropa sebagai bahan penyedap rasa.
Penelitian menunjukkan bahwa kapulaga mengandung putih telur dan kalsium oksalat. Pada proses ekstraksi, kadar kalsium oksalat akan berkurang sehingga penyerapan zat gizi dalam tubuh tidak terganggu oleh senyawa tersebut. Peneliti telah mencoba berbagai metode ekstraksi untuk mengetahui metode mana yang paling optimal dalam menghasilkan rendemen minyak atsiri dari ekstraksi kapulaga.

Ekstraksi Kapulaga
Salah satu jurnal menyebutkan bahwa prosedur penelitian ekstraksi kapulaga dimulai dengan menghancurkan kapulaga kering menjadi bubuk. Pada dosis 25 gram serbuk kapulaga diekstraksi dengan menambahkan 300 ml pelarut berupa N-Heksana dan Etanol untuk menentukan pelarut mana yang akan menghasilkan rendemen terbaik. Proses ekstraksi dilakukan dengan menggunakan microwave dengan daya 380 watt sebagai pemanas. Selanjutnya ekstrak kapulaga dimurnikan dengan proses destilasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rendemen dengan pelarut N-Heksana menyatakan bahwa semakin tinggi daya microwave maka rendemen semakin besar. Kenaikan suhu pada titik didih pelarut memicu peningkatan rendemen ekstraksi. Peneliti berharap proses ekstraksi kapulaga dapat memberikan manfaat yang lebih, baik dari sisi ekonomi maupun non ekonomi.

Share:



ARTIKEL LAINNYA
Mengapa Fumigasi Sangat Penting Dalam Dunia Pangan
Tempat Pelaksanaan Fumigasi beserta Panduan yang Efektif
Jenis-Jenis Kutu Beras, Hama Utama yang Menyerang Gudang Beras
Advantages of Indonesia Cinnamon Extraction
Keunggulan Ekstraksi Tunas Cengkeh Indonesia
Keunggulan Ekstraksi Kayu Manis Indonesia
Manfaat Tepung Jagung Untuk Kecantikan
Kelebihan Fumigasi Memakai Fosfin Cair Fumilikuid untuk Gudang Tembakau

PT. Panca Prima Wijaya

Pro Member
Jakarta Utara DKI Jakarta
Member sejak: Oct. 2019

  0818221505





HOME
PROFIL
PRODUK
GALERI
VIDEO
ARTIKEL

  Website

  Youtube

  @pancaprimawijaya

  @pestcontrol66