Menyeduh Kopi Membantu Melatih Kesabaran?



08 Apr. 2021 | dilihat 116x

BEBERAPA literatur dan penelitian mengatakan bahwa mereka yang mengonsumsi kafein cenderung lebih energik, terburu-buru, sibuk, dan melaju begitu cepat ketimbang yang tidak. Karena kafein (pada kopi terutama), memberi stimulus pada peminumnya untuk lebih energik. Maka tak jarang sebelum berkegiatan orang-orang membutuhkan ‘suntikan’ kafein ini agar bisa melaju lebih gesit dan cepat.
Padahal di sisi lain kafein juga membantu peminumnya menjadi lebih tenang dan sadar. Kafein memberi rileksasi pada tubuh dan pikiran. Meluruhkan rasa gugup dan cemas jika diminum dengan dosis yang tepat pada saat kondisi tubuh sedang prima. Jadi tak bisa diputuskan apakah kopi memberi energi untuk kesibukan saja atau memberi ketenangan yang damai saja. Keduanya bisa dihasilkan si hitam nikmat ini.
Untuk saya sendiri kopi meningkatkan kemampuan saya dalam bersabar. Dan menurut salah seorang rekan barista yang enggan disebut namanya namun merupakan salah satu juara yang cukup dihormati ini, kopi dan prosesnya memang meningkatkan level kesabaran para penyeduhnya. “Mereka yang mulai menyeduh kopi sendiri mengaku bahwa proses seduh yang dikenal dengan slow coffee style ini memang meningkatkan level sabar dan sadar. Hasil akhir tidak begitu penting lagi. Yang paling penting adalah menikmati tiap proses. Menyortir kopi, menggiling, memanaskan air, membasahi penyaring kertas lalu perlahan menyeduh. Proses ini dilakukan terus menerus setiap hari dan menjadi kegiatan yang cukup mindfulness,” paparnya.
Itu kenapa banyak penyeduh kopi khusus dari Jepang, biasanya sangat menawan saat menyeduh. Mereka sama sekali tidak tertanggu akan apapun di sekelilingnya. Level kesabarannya begitu tinggi dan itu yang menulari para peminumnya. Yang menyeduh sabar, yang menunggu seduhannya pun turut sabar. Sebuah energi baik yang menular.
Itu kenapa hampir semua peminum kopi pagi yang seduh kopi di rumah mengaku bahwa bangun tidur dan langsung menyeduh kopi membangkitkan energi baik bahkan saat kopi belum mampir di tegukan. Lalu kamu bagaimana? Adakah menyeduh kopi meningkatkan level sabarmu?

Share:



ARTIKEL LAINNYA
Kopi Sumatera, Kopi Terbaik Dunia
Menyendiri di Kedai Kopi, Mengapa Tidak
Bagaimana Perubahan Iklim Mempengaruhi Produksi Kopi?
Yuk Bantu Kafe Kesayanganmu dengan Hal Sederhana Ini !
Kopi Robusta Sidikalang Salah Satu Kopi Terbaik Di Sumatera
Kopi Lintong, Sang Legenda yang Mendunia

NAMOURA COFFEE

Free Member

Kab Dairi Sumatra Utara
Member sejak: Mar. 2021

  081287509951





HOME
PROFIL
PRODUK
GALERI
VIDEO
ARTIKEL